Learn New
Loading...
Kamis, 06 Februari 2014

Belajar Bahasa Inggris | Pengertian Bahasa

Saat ini kembali saya buat post mengenai pengertian bahasa. Masih ingatkan Anda tentang kisah penumpang dan supir taxi yang saya post kemarin .... Jika Anda masih mengingatnya pasti Anda sudah punya tujuan untuk apa Anda belajar Bahasa Inggris? pasti sudah kan?? Karena saya yakin Anda pasti tidak ingin menjadi orang yang mudah di kibulin lagi sama si supir taxi sampai Anda nyasar dan gak punya uang lagi... hehehehe,.....
Nah, 1 hal lagi sebelum belajar bahasa Inggris, kita harus kenali dulu tentang apa sesungguhnya Bahasa itu...  Karena kata orang tak kenal maka tak sayang,, hehe...  Jika kita belum tahu apa yang sesungguhnya kita pelajari, maka kita tidak akan pernah bisa dan akan terus mencari. Dan bagaimana kita bisa menemukan kalau kita tidak tahu apa yang kita cari. Sama saja halnya dengan Anda mencari seseorang yang belum tahu wajahnya, namanya siapa dan tinggalnya dimana. Apakah Anda bisa menemukan orang yang Anda cari itu? Sulit kan? Seperti itulah bahasa. Anda tidak akan pernah bisa kalau Anda belum tahu apa itu sesungguhnya bahasa dan apa tujuan Anda mempelajarinya,,,,
Sekarang menurut Anda apa itu bahasa ?? Menurut saya bahasa itu adalah _____________________
_____________________________________________________________________________

Apakah pendapat Anda sama dengan pendapat saya. Mari kita lanjutkan petualangan kita :D Kalau menurut saya bahasa itu secara spesifikasinya adalah merangkai kata-kata (vocabularies) menjadi kalimat, dengan kata lain bahasa adalah BERBICARA. Sederhana kan? Saya sengaja mengulang terus bahwa bahasa Inggris adalah merangkai kata-kata. dengan banyak merangkai kata-kata ANda baru bisa berbicara.  Nah yang perlu Anda ingat kita membahasa bahasa scara spesifik bukan secara glob al..
Tapi secara global bahasa adalah alat komunikasi yang tujuannya untuk menyampaikan pesan dan bisa dipahami oleh lawan bicara atau orang lain. Apa Anda setuju dengan makna tersebut? Kalo begitu mari kita perhatikan paragraf di bawah ini : 

I know that English is very important for many people, especially for students and for you who wants to. Acually it is very simple and easy. But not many people know. They think  that English is very complicated and boring. That's why, I want to share with you to loose your negative thought and negative feeling and also your boredem toward English. I believe that after knowing and understanding this, you will be able to speak English well. Good luck !
 kalau kita pisahkan satu persatu paragraf di atas, maka akan menjadi kata per kata seperti ini :
I - know - that - English - is - very - important - for - many - people, - especially - for - students - and - for - you - who - wants - to. Acually - it is - very - simple - and - easy. But - not - many - people - know. They - think  - that - English - is - very - complicated - and - boring. That's- why,- I - want - to - share - with - you - to - loose - your - negative - thought - and - negative - feeling - and - also - your - boredem - toward - English. - I - - believe - that - after - knowing - and - understanding - this, - you - will - be - able - to - speak - English - well. - Good - luck - !
Paragraf diatas tidak akan bisa tersusun dengan baik kalau Anda tidak memiliki kosakata yang memadai. Sebenarnya kalimat diatas hanya tersusun dari 48 kosakata. Karena banyak kata yang di ulang jadi terlihat banyak. Total dari kata di atas ada 77 kosakata. 

Artinya adalah dalam kalimat yang berbeda kita akan sering sekali menggunakan kata yang sama dengan kata yang kita sudah gunakan pada kalimat-kalimat sebelumnya. DIsinilah pentingnya keberanian merangkai kata yang baik.
Untuk merangkai kata dengan baik, kita tidak terlalu perlu menguasai struktur bahasa namun mereka tidak bisa lancar berbicara bahasa inggris, mereka hanya menjadi pembelajar bahasa inggris yang pasif. Ingin tahu penyebabnya apa? 

Inti dari bahasa inggris 
Tanggapan banyak orang tentang tentang bahasa adalah semata-mata berbicara sesuai dengan peraturan grammar, menurut mereka bicara itu harus lancar dan fasih, untuk bisa lancar dan fasih berbicara itu sulit, ya memang betul sih, tapi ingat ketika kita berbicara apa yang kita ucapkan.
Pada saat kita berbicara kita mengeluarkan kata-kata. Kata-kata yang kita ucapkan tersusun menjadi kalimat yang bisa dipahami orang yang kita ajak bicara atau orang yang mendengar.
Sedikit berbicara berarti sedikit mengucapkan kata-kata. Banyak berbicara berarti banyak mengucapkan kata-kata. Orang yang tidak berbicara berarti tidak mengucapkan kata, kalau begitu bisu dong, hehehe....
Jadi kalau tidak mau menjadi orang yang bisu dalam bahasa Inggris, Anda harus memperbanyak perbendaharaan kata.

Kosakata adalah inti dari bahasa, bahasa apapun itu, intinya adalah kosakata bukan grammar atau struktur bahasanya. Meskipun Anda belum menguasai grammar tapi Anda mempunyai banyak kosakata, Anda pasti bisa lancar berbicara Bahasa Inggris. Mustahil kalau Anda tidak bisa. Karena dengan menguasai grammar bukan berarti Anda lancar berbahasa Inggris. Malah kebanyakan orang, semakin mereka memahami grammar, semakin mereka terhambat berbocara karena takut salah. Sehingga grammar hanya menjadi penghambat. Ini yang salah. Dan mereka mendapatkan julukan Mr. Grammar. 
Berfikirlah bahwa Bahasa Inggris itu mudah, karena itu akan sangat membantu ANda untuk bisa lancar berbicara. Berfikirlah bahwa bahasa inggris itu adalah hanya merangkai kata. Jadi tugas Anda adalah hanya mengingat banyak kata, bukan memikirkan tentang sulitnya grammar dan pronounciation. Walaupun sebenarnya grammar dan pronounciation itu juga nantinya harus kita kuasai.
Kata dan kalimat adalah dua hal yang tdak bisa dipisahkan dalam berbahasa inggris. Kalimat adalah kumpulan kata. Kalimat tidak bisa tersusun tanpa adanya kata. Kata sulit dipahami jika tidak disusun menjadi kalimat. Mana yang lebih penting, mengingat kata atau kalimat? tentu saja kata... karena Anda tidak akan bisa membuat kalimat kalau tidak mempunyai perbendaharaan kata. Saya ulang melulu,,, yang penting paham kan hehe



Semoga bermanfaat... dan jangan lupa... yang mau dapat RAHASIA MEMBONGKAR OTAK KITA UNTUK MENGINGAT APA SAJA FULL VERSION dari cara belajar bahasa inggris online... dapat Anda klik dibawah ini

http://belajar,inggrisme.com

0 komentar:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 cara belajar bahasa inggris online All Right Reserved